Om Jay Bebagi Tentang Esei Tiga Alenia

Om Jay mengatakan ‘Menulis Itu Menyenangkan’. Terus terang awalnya saya sangat meragukan itu. Apalagi dengan kaidah tiga alenia yang semua guru sudah pelajari di bangku kuliah. Saya berpikir sejenak pada saat mendengarkan ocehan beliau. Sudahkah saya menerapkan 3 alenia dalam tulisan saya tersebut? ternyata tidak. Lalu kita sering meminta siswa untuk menulis esei. Ini tentunya tidak fair.

Pada awal menulis, saya hanya fokus pada mengalirnya kata-kata yang keluar dari pikiran saya tanpa memperdulikan kaidah-kaidah penulisan. Akan tetapi setelah mendengar penjelasan yang singkat dan mendalam saya menyadari arti pentingnya pembukaan. Saya melihat pembukaan adalah pintu gerbang bagi pembaca untuk melihat lebih jauh tentang apa yang kita tulis. Dilanjutkan dengan isi tentang apa, dimana, kapan, kenapa, siapa dan bagaimana. Semua itu tak terpikirkan sama sekali oleh saya. Agar pembaca tidak mengambang memahami apa yang kita tulis ternyata kita harus menutup dengan satu kesimpulan yang menyeluruh tentang isi yang kita tuliskan.

Apapun yang kita tulis ternyata esei tiga alenia ini sangat penting sebagai panduan para pemula bahkan yang sudah berpengalamanpun masih menggunakan kaidah ini. Tanpa panduan mungkin kita akan tersesat. Atau tulisan kita tidak akan menarik sama sekali karena tidak terstruktur. Yang terpenting ternyata menulis itu memang menyenangkan. Dan saya butuh itu.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

UNTUK MU SISWA SISWI KU

Sosialisasi Kurikulum

MENULIS UNTUK KEPENTINGAN MENULIS ITU SENDIRI