SEKOLAH TERBAIK 3 (GURU)

 “Berapa jumlah guru yang tersisa?” merupakan pertanyaan pertama yang dilontarkan kaisar Hirohito setelah mendengar berita luluh lantahnya Hiroshima dan Nagasaki karena Bom Atom Amerika Serikat. Kaisar sangat peduli sekali peranan guru dalam membangun kembali negaranya. Apalagi di sekolah-sekolah, para guru inilah yang memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar.

Guru merupakan aset utama dari satu lembaga pendidikian karena apabila tidak ada guru maka proses belajar mengajar tidak akan terjadi. Guru juga merupakan ujung tombak dari setiap sekolah dan mereka memiliki tugas yang begitu banyak sekali dan seorang guru merupaka seorang yang harus siap melaksanakan berbagaimacam tugas (multi-task) seperti mengajar, membuat soal, tempat mengadu siswa, event organizer, akuntan, juru tagih, mediator, PR, pemasaran, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bisa saja ditambahkan oleh yayasan tergantung kebutuhan yayasan tersebut.

Para guru di sekolah terbaik tidak hanya mampu mengajarkan hal-hal yang sulit menjadi mudah tapi mereka mampu menunjukkan kepada anak didik mereka bagaimana menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan mereka sehari-hari sehingga mereka merasa tertarik dan membutuhkan pelajaran tersebut. Selain dari ini mereka juga sangat ahli menjadi pendengar yang baik bagi siswa-siswinya pada saat mereka menghadapi kesulitan.

Tingkat keluar masuk guru di sekolah-sekolah tertentu sangat mempengaruhi kualitas pendidikan yang ada di sekolah tersebut. Selain itu keeadaan tersebut mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam kelas terutama kalau terjadi di tengah semester. Sekolah-sekoah yang memiliki guru-guru yang loyal dan bertahan lama menunjukkan kemampuannya daam mengelola tenaga pendidik dengan baik. Hal ini menunjukkan profesionalitas lembaga tersebut.

Pelatihan-pelatihan secara umum maupun khusus yang diberikan lembaga kepada para guru juga menunjukkan tingkat keseriusan dan profesionalitas lembaga dalam dunia pendidikan. Guru yang baik adalah guru yang selalu belajar dan memperbaiki diri baik dengan biaya pribadi ataupun sekolah. Ilmu selalu berkembang dan akan terus berkembang begitu pula dengan alat-alat bantu pengajaran termasuk teknologi.

Saat ini para gurupun diharapkan bisa melanjutkan pendidikannya kejenjang  yang lebih tinggi lagi sebagai komitmen mereka di dunia pendidikan. Saai ini beberap guru Syafana Islamic School-Upper Secondary telah menyelesaikan pendidikannya di tingkat Pasca Sarjana dan slah satunya menjadi lulusan terbaik di kampusnya. Prestasi guru-guru tersebut merupakan kebanggan untuk kami dan sebagai motivasi untuk anak-anak didik kami.

Syafana Islamic School juga memberikan kesempatan kepada para guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampu oleh guru yang bersangkutan atau pelatihan-pelatihan secara umum seperti, manjemen kelas, penilaian, motivasi, dal lain-lainnya.

Guru-guru Syafana Islamic School-Upper Secondary memiliki antusiame yang sangat tinggi dalam membantu para siswa dalam mengejar impian mereka di masa depan dan ini, Alhamdulillah, sudah dibuktikan di Tahun Pelajaran 2021-2022, 65% siswa-siswi Syafana Islamic School Upper Secondari diterima di banyak perguruan tinggi negeri termasuk UI, ITB, Univesitas IPB, Udayana, dll.

Insya Allah komitmen kami sebagai guru di Syafana Islamic School-Upper secondary yang telah dibuktikan dengan prestasi-prestasi siswa-siswinya menjadi awal tonngak sejarah kebangkitan salah satu sekolah Islam yang ada di Nusantara.

Mr Sai

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UNTUK MU SISWA SISWI KU

Sosialisasi Kurikulum

MENULIS UNTUK KEPENTINGAN MENULIS ITU SENDIRI