SEKOLAH TERBAIK 3 (GURU)
“Berapa jumlah guru yang tersisa?” merupakan pertanyaan pertama yang dilontarkan kaisar Hirohito setelah mendengar berita luluh lantahnya Hiroshima dan Nagasaki karena Bom Atom Amerika Serikat. Kaisar sangat peduli sekali peranan guru dalam membangun kembali negaranya. Apalagi di sekolah-sekolah, para guru inilah yang memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar.
Guru merupakan aset utama dari
satu lembaga pendidikian karena apabila tidak ada guru maka proses belajar
mengajar tidak akan terjadi. Guru juga merupakan ujung tombak dari setiap
sekolah dan mereka memiliki tugas yang begitu banyak sekali dan seorang guru merupaka
seorang yang harus siap melaksanakan berbagaimacam tugas (multi-task) seperti
mengajar, membuat soal, tempat mengadu siswa, event organizer, akuntan, juru
tagih, mediator, PR, pemasaran, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bisa saja
ditambahkan oleh yayasan tergantung kebutuhan yayasan tersebut.
Para guru di sekolah terbaik
tidak hanya mampu mengajarkan hal-hal yang sulit menjadi mudah tapi mereka
mampu menunjukkan kepada anak didik mereka bagaimana menerapkan ilmu tersebut
dalam kehidupan mereka sehari-hari sehingga mereka merasa tertarik dan
membutuhkan pelajaran tersebut. Selain dari ini mereka juga sangat ahli menjadi
pendengar yang baik bagi siswa-siswinya pada saat mereka menghadapi kesulitan.
Tingkat keluar masuk guru di sekolah-sekolah
tertentu sangat mempengaruhi kualitas pendidikan yang ada di sekolah tersebut.
Selain itu keeadaan tersebut mempengaruhi proses belajar mengajar di dalam
kelas terutama kalau terjadi di tengah semester. Sekolah-sekoah yang memiliki
guru-guru yang loyal dan bertahan lama menunjukkan kemampuannya daam mengelola
tenaga pendidik dengan baik. Hal ini menunjukkan profesionalitas lembaga
tersebut.
Pelatihan-pelatihan secara umum
maupun khusus yang diberikan lembaga kepada para guru juga menunjukkan tingkat
keseriusan dan profesionalitas lembaga dalam dunia pendidikan. Guru yang baik
adalah guru yang selalu belajar dan memperbaiki diri baik dengan biaya pribadi
ataupun sekolah. Ilmu selalu berkembang dan akan terus berkembang begitu pula
dengan alat-alat bantu pengajaran termasuk teknologi.
Saat ini para gurupun diharapkan
bisa melanjutkan pendidikannya kejenjang
yang lebih tinggi lagi sebagai komitmen mereka di dunia pendidikan. Saai
ini beberap guru Syafana Islamic School-Upper Secondary telah menyelesaikan
pendidikannya di tingkat Pasca Sarjana dan slah satunya menjadi lulusan terbaik
di kampusnya. Prestasi guru-guru tersebut merupakan kebanggan untuk kami dan sebagai
motivasi untuk anak-anak didik kami.
Syafana Islamic School juga
memberikan kesempatan kepada para guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang
sesuai dengan mata pelajaran yang diampu oleh guru yang bersangkutan atau
pelatihan-pelatihan secara umum seperti, manjemen kelas, penilaian, motivasi,
dal lain-lainnya.
Guru-guru Syafana Islamic
School-Upper Secondary memiliki antusiame yang sangat tinggi dalam membantu
para siswa dalam mengejar impian mereka di masa depan dan ini, Alhamdulillah,
sudah dibuktikan di Tahun Pelajaran 2021-2022, 65% siswa-siswi Syafana Islamic
School Upper Secondari diterima di banyak perguruan tinggi negeri termasuk UI,
ITB, Univesitas IPB, Udayana, dll.
Insya Allah komitmen kami sebagai
guru di Syafana Islamic School-Upper secondary yang telah dibuktikan dengan
prestasi-prestasi siswa-siswinya menjadi awal tonngak sejarah kebangkitan salah
satu sekolah Islam yang ada di Nusantara.
Komentar
Posting Komentar